11 Komikus Terhebat dan Paling Berpengaruh di Dunia

para komikus terhebat dan paling berpengaruh di dunia
Komikus Terhebat dan Paling Berpengaruh di Dunia

11 Komikus Terhebat dan Paling Berpengaruh di Dunia


Para seniman komik terbesar di berbagai negara dari beberapa dekade terakhir ini terus menghasilkan karya yang luar biasa. karya seni mereka berkontribusi dan berpengaruh serta menginspirasi bagi penikmat komik di seluruh dunia. berikut ini daftar komikus terkenal dan terhebat di dunia serta terbaik sepanjang masa itu.

Eiichiro Oda

Kalau anda mengenal karakter Monkey D Luffy tokoh utama dalam komik serial manga yang berjudul One Piece. tentuanya anda juga tak asing mendengar nama sang penciptanya. ya.. Eiichiro Oda Komikus 43 tahun (2018) asal jepang ini sudah memenangi berbagai penghargaan. ini terbukti dengan manga One Piece hasil karya-nya menjadi manga nomor 1 di dunia bukan hanya di jepang.

Stan Lee

Stanley Martin Lieber adalah seorang komikus asal Amerika Serikat yang membuat tokoh-tokoh komik tentang kepahlawanan. Captain Amerika adalah komik pertama buatanya dan mendapat sambutan yang luar biasa dari pencinta komik kala itu. pada tahun 1960 dia mendirikan Marvel Comics yang memperkenalkan penokohan yang lebih lengkap dan beragam. karya-karya lain-nya dari Lee Seperti Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-Men, dan banyak karakter fiksi lainnya. selain menjadi komikus ia juga berprofesi sebagai penerbit, produser, aktor, pembawa acara televisi.

Tony Wong

Terlahir dengan nama Wong Yuk-Long, dia bisa disebut rajanya komik mandarin. mahakarya tony wong yang paling terkenal dan populer adalah Tiger Wong (Oriental heroes), Tapak Sakti, Drunken Fist, Dragon Tiger Gate dan long hu men. pada 1980-an ia mendirikan Jademan Comics, yang tumbuh menjadi monopoli industri komik di dataran cina kala itu. pada tahun 1987 Tony Wong kehilangan perusahaannya, dan dipenjarakan pada tahun 1991 karena pemalsuan. setelah bebas ia mendirikan Jade Dynasty dan mulai menerbitkan komik lagi. hingga saat ini 80 persen industri komik Hong Kong di dominasi oleh komik buatan Tony Wong.

Akira Toriyama

Akira Toriyama adalah salah satu komikus yang paling berpengaruh dan inovatif sepanjang masa. karyanya telah membentang lebih dari 30 tahun dan manga-nya telah terjual lebih dari 150 juta kopi di seluruh dunia. hasil karyanya yang paling sukses dan terkenal adalah Dragon Ball. keberhasilan ini mendorong Toriyama untuk terus mengerjakan Dragon Ball dari 1984 hingga 1995. selama periode tersebut, ia berhasil membuat 42 jilid, setiap volume memiliki rata-rata 200 halaman. meskipun sukses besar dan berstatus “seperti dewa” dalam dunia manga, Toriyama adalah individu yang sangat sederhana dan rendah hati yang sangat jarang menempatkan dirinya dalam sorotan media.

Bob Kane Dan Bill Finger

Semua orang tau, Batman berjuang untuk keadilan. namun ketidakadilan dialami pada salah satu penciptanya. Seniman Bob Kane, meskipun menerima kredit tunggal dan pembayaran sebagai pembuat konten, tetapi bukan satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas tokoh Bruce Wayne ini. masih ada penulis Bill Finger yang menciptakan-nya. tetapi dia tidak pernah diakui dan meninggal tanpa pernah menikmati uang dari hasil karyanya. tetapi pada tahun 2015, DC Comics dan Warner Bros akhirnya setuju untuk memberikan kredit kepada Finger. popularitas Batman yang luar biasa hingga saat ini bukan hanya karya Kane seorang tetapi juga berkat sentuhan tangan dari seorang Bill Finger.

Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko

Fujiko F. Fujio adalah nama samaran dari dua seniman manga yang tak terpisahkan, Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko. kolaborasi mereka berhasil penciptaan karakter robot kucing yang bernama Doraemon. manga yang paling sukses di Jepang. pada tahun 1987 Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko berpisah sebagai tim kreatif, mereka mengejar proyek sendiri-sendiri. Abiko meninggal setahun kemudian, Hiroshi Fujimoto terus bekerja di bawah tanda tangan Fujiko F. Fujio dan meninggal pada tahun 1996. kerja keras mereka membuahkan hasil. komik doraemon sukses dipasaran dan disukai anak-anak. dari kesuksesan itulah, tepatnya pada tahun 1970-an munculah ide untuk membuat doraemon dalam bentuk animasi. dan versi animasi inilah yang membuat doraemon semakin terkenal dan mendunia sampai sekarang.

Walt Disney

Walter Elias "Walt" Disney adalah seorang ilustrator dan animator yang inovatif dan pendiri perusahaan hiburan terbesar dan paling terkenal di dunia. ia menciptakan karakter ikonik seperti "Mickey Mouse dan donald duck" yang pengaruhnya sungguh luar biasa. tahun 1920 ia mendirikan Disney Brothers Studio bersama saudaranya dan memgbuat kartun pertamanya "Alice's Wonderland" serial ini adalah kombinasi antara animasi (kucing Julius) dan seorang gadis kehidupan nyata. kesuksesan kartun animasi seperti: Mickey Mouse, Donald Duck, Cenderella, Peter Pan dan Pinocchio inilah yang pada akhirnya membuat Walt Disney makin mendunia.

Masami Kurumada

Masami Kurumada adalah seorang seniman dan penulis manga terkenal asal jepang. ia dikenal sebagai pencipta/penulis manga populer, seperti Cincin ni Kakero, Saint Seiya dan B't X. dalam karyanya sering menampilkan sifat kepahlawanan sejati dan keberanian melalui pengorbanan tanpa pamrih demi mencapai kesempurnaan. dia telah banyak menerima berbagai penghargaan atas keberhasilan dan kesuksesan dari serial komik dan animasi Saint Seiya.

Masashi Kishimoto

Masashi Kishimoto adalah salah satu dari sekian banyak komikus hebat asal Jepang. dia dikenal karena manga shonen-nya Naruto. pada tahun 1999 Naruto pertama kali mulai diterbitkan di Weekly Shonen Jump. serial komik yang sedang hit besar itu berlanjut dengan serial animasinya, dengan penjualan 93 juta kopi di seluruh dunia. sejak saat itu Naruto dianggap menjadi salah satu manga tingkat atas dalam satu dekade terakhir.

Jerry Siegel Dan Joe Shuster

Jerry Siegel dan Joe Shuster adalah pencipta dari komik "Superman", superhero yang paling terkenal dan berpengaruh di Bumi. mereka bersama-sama meletakkan fondasi untuk seluruh mitos karakter seperti: Lois Lane, Jor-El sampai Lex Luthor dan memberi nama kota asal Superman yaitu Metropolis. Superman tidak hanya menjadi salah satu karakter komik paling ikonik dan legendaris sepanjang masa tetapi juga menjadi simbol nasional Amerika yang dapat dikenali secara internasional.

Hergé

Hergé adalah salah satu pembuat komik paling berpengaruh dalam sejarah. dia sendirian membuat industri komik Belgia dengan serial petualangan humorisnya yang terkenal "Tintin". yang menjadikannya komik Eropa paling sukses sepanjang masa. Hergé mengembangkan gaya grafisnya sendiri dan ahli dalam menyusun halaman yang menegangkan di mana humor selalu ada. alur cerita berkisar dari thriller, kejahatan, perburuan harta karun eksotis, intrik misteri hingga sindiran politik yang cerdas. ia juga salah satu seniman komik yang paling banyak dianalisis di dunia.

Kata Akhir

Mereka berhasil menciptakan karakter dan kreativitas yang unik, dengan alur cerita yang membangkitkan emosi jauh kedalam dunia yang berbeda. sehingga membuat pembaca tetap merasa seperti bermimpi ketika mereka mengakhiri dan menutup buku komik tersebut. itulah daftar para Komikus terhebat dan paling berpengaruh di dunia. semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "11 Komikus Terhebat dan Paling Berpengaruh di Dunia"

Posting Komentar