Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ebook Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu Karya Agus Sunyoto

ebook sastra jendra hayuningrat pangruwating diyu Ebook Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu Karya Agus Sunyoto - Agama bukanlah tujuan, melainkan sarana untuk mencapai kesadaran ketuhanan dan spiritualitas.

Menjadikan agama sebagai tujuan hanya akan melahirkan sikap fanatisme keagamaan yang berlebihan, karena tersimpan pamrih berupa iming-iming surga dan menghindari neraka.

Bahkan, tujuan cenderung bersifat destruktif, alih-alih sebagai rahmatan lil 'alamin. Sebagai jalan menuju ketuhanan, agama menyediakan bagi seorang hamba [salik] untuk mendekatkan diri pada Tuhan.

Dalam hal ini lebih sebagai prilaku spiritual, menghayati kehidupan dengan jiwa ketuhanan tanpa pamrih, berpikir positif terhadap takdir.

Spiritual ini hanya bisa dijalankan oleh jiwa-jiwa yang siap lahir-batin menyerahkan hidupnya untuk menapaki jalan Syari'at, Thariqat, Haqiqat, dan Ma'rifat.

Namun, tidak selalu dapat ditempuh melalui jalan "positif" seperti pada umumnya.

Di seberang sana, ada jalan "negatif" yang justru tidak kalah mencengangkan, seperti dilakoni oleh tokoh "Saya Sudrun" dalam novelnya ini.

Kyai Sudrun atau Sudrun Edan mencapai jalan menemukan Allah Robbul Alamin dari Iblis, makhluk sesat dan terkutuk.

Bagaimana mungkin menemukan kebenaran Ilahiah lewat Iblis? Jangan-jangan itu adalah bisikan setan untuk menjerumuskannya menuju kesesatan.

Karya ini sangat menarik karena menghadirkan perspektif baru soal sikap keberagamaan masyarakat dengan kemasan menarik.

Di dalam tradisi sufisme dalam pengertian yang luas, prototipenya bisa dirujuk ke Sunan Giri maupun Sunan Kalijaga, hingga ke ajaran tasawuf Ibn "Arabi."

Juga, mengisahkan ke-salik-an Saya Sudrun dalam pengembaraan batiniah, menjalani kehidupan dari keberagaman karakter manusia lintas-agama atau aliran.

Beliau pun bukanlah orang yang serba tahu, suci, dan terbebas dari dosa. Tetapi, memiliki perbedaan dari manusia secara umum.

Anugerahi kemampuan berkomunikasinya digambarkan sebagai Kilatan Cahaya Petir, beliau memperolah pencerahan tentang hakikat tersebut.

Posting Komentar untuk "Ebook Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu Karya Agus Sunyoto"

close