Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ebook Semangat Muda Karya Tan Malaka

ebook semangat muda karya tan malaka Ebook Semangat Muda Karya Tan Malaka - Buku ini ditulis di Tokyo, Jepang pada tahun 1926, kemudian dibubuhkan ke dalam 5 Bab.

Pertama: berbicara tentang kondisi masyarakat yang dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu para bangsawan, pemilik tanah dan harta, lalu kaum proletar seperti buruh, tani, serta pekerja.

Dia menyatakan setidaknya ada lima aspek penyebab timbulnya pertentangan keras antara kelompok tersebut menyangkut Hak Milik, Anarkisme, mesin, kasta, sampai imperialisme.

Untuk menyelesaikannya, Tan menyebutkan bahwa Indonesia haruslah masuk ke ranah Diktator, kondisi dimana kaum proletarlah yang memiliki kekuasaan politik serta ekonomi (Tahapan sosialisme hingga nantinya berujung pada zaman komunisme).

Dua: membahas aspek ekonomi, kekayaan bangsa diambil oleh pekerja indonesia yang nantinya hasilnya dinikmati si pemalas belanda.

Dari aspek sosial, kondisi buruh masih sedikit dibandingkan negara eropa. Karena, mayoritas mereka lebih memilih sebagai petani dibandingkan pekerja industri.

Ketiga, kembali membahas program yang perlu dilakukan oleh PKI di tanah air. Pada bidang ekonomi, politik, sosial, polisi, tentara, pendidikan, aksi program dan gaji minimum.

Dia menyampaikan karakteristik itu haruslah cocok dengan kekuatan kita, bisa menaikkan derajat, menarik ke zaman industrialisasi model baru, kerukunan antar seluruh rakyat melarat, serta membangunkan semangat revolusioner.

Keempat, menyoroti keadaan dan bagaimana harusnya sebuah organisasi seperti Partai Komunis Indonesia, Indische Partij, Budi Utomo, atau Sarekat Islam.

Kelima, terkait Revolusi: ia menghimbau untuk membangun aksi massa. Tujuan besarnya adalah menentang kaum feodal dan kapitalis hingga Kemerdekaan muncul di ranah ibu pertiwi.

Posting Komentar untuk "Ebook Semangat Muda Karya Tan Malaka"

close